Pengenalan Java & Aplikasi java

9:42 PM indrat 0 Comments


a. Menggunakan BufferedReader untuk mendapatkan input
Pada bagian ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io
untuk mendapatkan input dari keyboard.


berikut contoh code 
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class GetInputFromKeyboard{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
            InputStreamReader(System.in) );
String nama = "";
System.out.print("Masukkan Nama Anda :");
try{
nama = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello " + nama +"!");
}
}

Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut:

Statement,

import java.io.BufferedReader;

import java.io.InputStreamReader;

import java.io.IOException;

menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader dan

IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) berisi

ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program Anda.

Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. Packages berisi class yang mempunyai

fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package mengandung class-
class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas

juga dapat ditulis

sebagai berikut,

import java.io.*;

yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita bisa

menggunakan class-class tersebut dalam program kita. Dua statement selanjutnya,

public class GetInputFromKeyboard{

public static void main( String[] args ){

kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama

GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.

Dalam statement,

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new

InputStreamReader(System.in));

kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe class BufferedReader. Jangan

mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir

pembahasan. Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier nama,

String nama = "";

Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variable diinisialisasi

sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita

mendeklarasikannya. Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang

menanyakan nama user.

System.out.print("Masukkan Nama Anda :");

Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block,

try{

nama = dataIn.readLine();

}catch( IOException e ){

System.out.println("Error!");

}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,

nama = dataIn.readLine();

akan ditangkap. Kita akan membahas tentang penanganan exception pada bab selanjutnya dari

pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda perlu menambahkan kode

ini untuk menggunakan method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.

Selanjutnya kembali ke pernyataan,

nama = dataIn.readLine();

method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah

nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel nama, yang akan kita gunakan pada statement

akhir untuk menyambut user,

System.out.println("Hello " + nama + "!");

b. Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut:

Statement,

import java.io.BufferedReader;

import java.io.InputStreamReader;

import java.io.IOException;

menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader dan

IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) berisi

ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program Anda.

Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. Packages berisi class yang mempunyai

fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package mengandung class-
class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas

juga dapat ditulis

sebagai berikut,

import java.io.*;

yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita bisa

menggunakan class-class tersebut dalam program kita. Dua statement selanjutnya,

public class GetInputFromKeyboard{

public static void main( String[] args ){

kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama

GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main.

Dalam statement,

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new

InputStreamReader(System.in));

kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe class BufferedReader. Jangan

mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir

pembahasan. Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier nama,

String nama = "";

Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variable diinisialisasi

sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita

mendeklarasikannya. Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang

menanyakan nama user.

System.out.print("Masukkan Nama Anda :");

Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block,

try{

nama = dataIn.readLine();

}catch( IOException e ){

System.out.println("Error!");

}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,

nama = dataIn.readLine();

akan ditangkap. Kita akan membahas tentang penanganan exception pada bab selanjutnya dari

pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda perlu menambahkan kode

ini untuk menggunakan method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.

Selanjutnya kembali ke pernyataan,

nama = dataIn.readLine();

method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah

nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel nama, yang akan kita gunakan pada statement

akhir untuk menyambut user,

System.out.println("Hello " + nama + "!");

b. Menggunakan JOptionPane untuk mendapatkan input
 contoh  code program :

import javax.swing.JOptionPane;

public class GetInputFromKeyboard{

public static void main( String[] args ){

String nama = "";

nama = JoptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda");

String msg = "Hello " + nama + "!";

JOptionPane.showMessageDialog(null, msg);

}

}



0 comments: